05 Maret 2017

PUNYA PILIHAN? #Hal120

Catatan Harian Eko Utomo #Hal120

"Punya PILIHAN?"

Dalam sebuah pertandingan tenis, pasangan lawan sangat tangguh di belakang baseline. Pukulan2 mereka sangat keras dengan passing yang sangat terarah.

Bola pengembalian service naik sedikit saja "deeeess", dihajar dengan kecepatan max dan kita pontang panting untuk mengejar bola atau tangan bergetar menahan kerasnya pukulan lawan.
Setelah diamati lawan ternyata kurang bagus bermain di depan net. Bola2 volley mereka sering nyangkut atau bahkan melambung tanggung gampang digebuk.

Ketemulah strategi untuk mengeksploitasi kelemahan lawan: bola2 pendek drop shot di dekat net untuk menarik lawan maju ke depan net dan kemudian mengalahkan mereka dalam adu volley.
Pertanyaan penting: Emang mampu melakukan DROP SHOT akurat depan net?

Dikesempatan dan pertandingan yang berbeda kami bertemu dengan lawan yang cadas dalam service dan sangat cekatan menyerbu ke depan net dan siap adu volley.

Dan mereka sangat hebat bak tembok China. Kami dihajar habis2an di depan net.
Sesudah beberapa games pertandingan berlangsung, kami mengamati bahwa lawan tidak terlalu kuat bermain di baseline. Pukulan baseline mereka lemah dan kurang akurat.

Ketemulah strategi untuk mengalahkan mereka: kami harus banyak melakukan pukulan topspin lob untuk menahan mereka di baseline dan kemudian menyerang dengan pukulan keras dari belakang.
Pertanyaan penting: emang mampu melakukan pukulan TOPSPIN LOB dan PASSING KERAS?

***

Dalam sebuah diskusi workshop strategic management di sebuah perusahaan besar (Rev di atas 10 T) ada pertanyaan yang menarik.

"Pak Eko, apa sih manfaatnya kita mempelajari teori2 strategic management? Selama ini kami menjalankan perusahaan baik2 saja tanpa kami tahu ada teori ini dan itu!", tanya seorang Direktur anak perusahaan.

Pertanyaan di atas valid dan tajam. Tanpa penjelasan yang tepat workshop 2 hari tidak layak diteruskan dan wajib dibubarkan karena buang2 waktu berharga para bos perusahaan.

PERTAMA, bisnis dan perusahaan tidak hidup di ruang vakum, namun berada dalam sebuah ekosistem persaingan bebas. Siapa yang kuat dan cerdik maka dialah yang menang. Yang lemah? ke laut aja! Sooner or later.

Karena harus bersaing maka perusahaan harus mampu MENYUSUN STRATEGI ORGANISASI yang hebat agar mampu memenangkan persaingan dan dicintai pelanggan.

KEDUA, kalau dalam toolbox strategi anda hanya tersedia satu alat, maka tidak heran dan akan sangat alamiah kita hanya menggunakan strategi yang itu2 saja tanpa PILIHAN LAIN.

Persis seperti pemain tenis yang bisanya hanya memukup forehand, maka sepanjang permainan dia harus berlari memutar lebih jauh untuk memukul forehand dan menghindari backhand.

KETIGA, kalau selama ini dengan tool yang hanya satu itu anda dan organisasi ternyata "baik2 saja" ngapain harus belajar tools yang lain dan MENAMBAH PILIHAN?

Sekarang coba kita lihat dari perspektif berbeda. Dengan satu tool anda "baik2 saja", jangan2 dengan tools yang komplit organisasi anda bisa jadi MARKET LEADER dan menghasilkan profit yang berlipat.

Jadi mau pilih hanya punya SATU pilihan atau BANYAK?
Note: orang depresi adalah orang yang stress berkepanjangan karena "merasa" hanya punya 1 pilihan yang tidak disukai. Depresi terus menerus sering berujung pada bunuh diri! Hiiiiiiiiii

EU4U
BSDCity
181216onJasonBirthday
Untuk mereka yang suka MEMBUAT PILIHAN

Tidak ada komentar: