06 Mei 2011

MT Series 1 - Apakah Management Trainee (MT) itu

Definisi Management Trainee
“Program Management Trainee diperusahaanku ngak jelas nih, sudah gajinya kecil sama dengan karyawan entry level yang lain, programnya ngak jelas dan sesudah lulus tetap aja jadi karyawan biasa.”

“Management Trainee program ditempatku sebenarnya mirip-mirip dengan program probation dan induction biasa, kami sebagai Fresh Graduate diberikan pelatihan dan pembekalan dan kemudian saat lulus ditempatkan sebagai officer biasa”.

“Begitu lulus dari Management Trainee selama 1 tahun, aku langsung mendapatkan posisi sebagai Asisten Manager. Belum juga 2 tahun pegang posisi itu aku dipromosi menjadi Manager karena perusahaan menilai kinerjaku sengat baik”.

Ungkapan-ungkapan seperti diatas pasti akan banyak kita dengar pada saat kita bertanya kepada peserta ataupun alumni MT yang ada di Indonesia. Sama seperti banyak program lain yang diadaptasi dari luar (baca dunia barat) maka program MT juga mengalami pergesaran makna bahkan perubahan arti.

Coba anda ketik Management Trainee di google dan anda lihat hasilnya. Dari hasil penelusuran anda akan mendapatkan banyak program lain yang sepertinya sama atau mirip dengan program MT.

Misal:
MDP: Management Development Program
GDP: Graduate Development Program
ODP: Officer Development Proram
GTP: Graduate Trainee Program
AODP: Account Officer Development Program
MOP: Marketing Officer Development Program
GET: Graduate Engineer Trainee
MAP: Management Associate Program
MT Marketing: Managemetn Trainee for Marketing
MT Finance: Management Trainee Finance
MT Operation: Management Trainee for Operation
MT HR: Management Trainee for Human Resource

Banyaknya istilah yang dipakai pasti akan membuat kita terlebih lagi para mahasiswa dan para lulusan baru yang bingung persamaan dan perbedaan dari sekian banyak program yang ditawarkan diatas.

Secara garis besar, semua program yang ada diatas bisa kita kelompokkan menjadi hanya dua jenis program:
1. Management Trainee Program (MTP)
2. Graduate Trainee Program (GTP)

MTP: Suatu program pengembangan karyawan bagi para lulusan baru untuk dipersiapkan menduduki posisi managerial
GTP: Suatu program pengembangan karyawan bagi para lulusan baru agar segera memiliki kompetensi kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Lulusan program MTP langsung menduduki posisi yang cukup tinggi di tangga organisasi perusahaan seperti posisi Team Leader, Supervisor atau Asisten Manager. Sedangkan lulusan dari GTP akan bekerja sebagai karyawan staff sesuai dengan keilmuan atau program yang diikutinya.

Analogi yang cukup baik yang bisa kita sepadankan dengan kedua program ini adalah pendidikan Akabri dan pendidikan Bintara. Walaupun sama-sama lulusan SMU, seorang lulusan pendidikan Akabari akan langsung mendapatkan pangkat Letnan Dua (Letda), sedangkan lulusan pendidikan Bintara mendapatkan pangkat Sersan Dua (Serda). Untuk menjadi Letda, seorang Serda butuh waktu bertahun-tahun bahkan mungkin lebih dari 10 tahun!.

Sama dengan kasus yang ada di dunia pendidikan militer maka syarat program MTP biasanya juga jauh lebih ketat dibandingkan dengan program GTP. MTP pada perusahaan-perusahaan yang besar biasanya mensyaratkan pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama di Indonesaia (ITB, UI, IPB, Unpad, UGM, ITS, Trisakti, Unpar dll) dengan IPK>3.25. Bahkan beberapa perwakilan konsultan asing yang beroperasi di Indonesia, mereka mensyaratkan IPK > 3.5!. Sementara GTP syaratnya lebih ringan dari pada MTP. Dibeberapa perusahaan syarat untuk menjadi peserta program GTP cukup dengan IPK >2.75.

Dengan adanya syarat masuk yang tinggi disertai program pengembangan yang intensif maka peserta MTP biasanya akan mendapatkan gaji/uang saku yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan/staff biasa. Gaji MTP berkisar dari 3 – 10 jt tergantung perusahaan. Sebagai perbandingan sebagai sesama lulusan Akuntasi dari perguruan tinggi yang sama. A yang masuk sebagai peserta MTP akan mendapatkan gaji 4 jt. Sedangkan B masuk sebagai staff akuntasi mendapatkan gaji 2.5 jt.

Bagaimana kalau menemui perusahaan yang menawarkan progam MT namun gaji yang diberikan sama atau bahkan lebih kecil dari staff biasa? Ada beberapa kemungkinan:
a. Salah memberikan nama program
b. Penipuan berselubung program
c. Gengsi perusahaan agar dilihat “seakan-akan” memiliki program MT yang terkenal.
Apabila terjadi seperti yang diuraikan diatas maka definisi MT berubah menjadi MT = eMTy(kosong) = Mawut Tenan (Kacau balau).


Eko Jatmiko Utomo
HR Practitioner, Consultant, Facilitator & Coach.
Ex-MT dari dua perusahaan Nasional terkemuka.
Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam mengembangkan program MT dibeberapa perusahaan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih mas, jadi lebih mengerti sekarang dan jelas, apa itu MT? soalnya saya ngelamar pekerjaan untuk MT diperusahaan Network.

Anonim mengatakan...

Saya seorang MT di salah satu perusahaan farmasi di Jawa Tengah. Programnya 1 tahun salary saya 1,5 juta. Ini gak jauh beda sama gaji orang produksi yang kerjanya bungkus2 obat. saya minta saran dari bapak. karena jujur saja saya mulai lelah sama program ini, beban kerjanya bener2 gak sesuai kalo menurut saya. silakan balas komen saya melalui email elfrida.elisye@yahoo.com