16 Mei 2010

Menidakkan si TIDAK dan Jangan memunculkan kata JANGAN.

Pikiran bawah sadar (Unconscious Mind) mempunyai cara bekerja yang unik. Pikiran bawah sadar yang mengendalikan 96% kehidupan kita itu tidak memproses kata yang memiliki makna negative seperti "Tidak" atau "Jangan". Tidak percaya? mau bukti? Untuk mendapatkan hasil yang optimal saya mohon Anda mengikuti langkah2 yang saya tulisi. saya minta Anda untuk rileks sekarang, tarik nafas dalam dalam dan rasakan kenyamanan menguasai diri Anda sepenuhnya. Ikuti perintah berikut ini:

"Jangan membayangkan tugu Monas!". Apa yang ada dalam pikiran Anda sesaat sesudah Anda membaca perintah tersebut? Saya yakin bahwa bayangan tugu Monas muncul dalam pikiran Anda. Pikiran bawah sadar kita tidak memproses kata "Jangan" yang muncul dalam kalimat "Jangan membayangkan Tugu Monas", Tugu Monas muncul dalam pikiran kita.

Di Indonesia, ada ungkapan yang menyatakan bahwa peraturan ada untuk dilanggar. Proses pelanggaran terhadap aturan yang dibuat, sadar atau tidak sadar seringkali malah dipercepat oleh peringatan-peringatan yang memasukkan unsur kata negative yang tidak diproses oleh pikiran bawah sadar. Kalimat seperti:
- Jangan membuang sampah disini >> dibaca "buanglah sampah disini"
- Jangan menginjak rumput >> dibaca pikiran bawah sadar sebagai "injak rumputnya"
- Jangan main air >> dibaca "silahkan main air"
- Jawaban kamu tidak jelek >> dibaca "jawaban kamu jelek
- dlsb

Apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kata negative yang hasilnya malah berlawanan dari apa yang kita inginkan? Alih-alih menggunakan kata negative kita bisa menggunakan kata positive yang mempunyai makna yang sama. Kalimat "Jangan membuang sampah disini" bisa digantikan dengan "Jagalah kebersihan", dan kalimat "jangan main air" dengan mengajak anak kita mengucapkan "ayo main kereta2an saja".

Eiiiiit, jangan terburu nafsu untuk mengambil kesimpulan bahwa kata negative harus disimpan rapat2. Saat kita menyadari bahwa kata negative tidak diproses oleh pikiran bawah sadar, maka kita bisa menggunakannya dalam konteks untuk menetralkan hal2 yang negative atau kurang memberikan motivasi. Misal suatu ketika kita menghadapi suatu pekerjaan yang sulit, kalimat "pekerjaan ini tidak mudah!" lebih baik dibandingkan dengan "pekerjaan ini sungguh sulit".

***

"Jason mama mau tidur siang, jangan main air ya! kamu hari ini sudah main air dan mandi sampai 4 kali. Jangan main Rinso mama ya, kemarin kamu sudah menghabiskan Rinso satu kilo untuk main cuci cucian!" mama Tesa memberikan pesan kepada Jason sebelum naik kelantai atas untuk istirahat.

Dan sejam kemudian.
"Mama Tesa............" dari lantai atas terdengar suara opung memanggil.
"Ada apa Opung" sahut mama Tesa dari lantai atas masih dengan mata sipit karena belum puas tidur siang.
"Ini lihat anakmu......"
"Kenapa Pung?"
"Dari tadi main air terus tidak mau dihentikan. Rinso 2 kg yang baru saja dibeli sudah habis dibuat main sama dia!".


BSD City
2 May 2010
EU 4 U

Tidak ada komentar: