16 Mei 2010

Gipong (Gigi Ompong) Tesa - Melepas yang lama untuk menerima yang baru.


"Pa....gigi Tesa lepas berdarah...".
Demikian warta berita utama jam 7 malam dibawakan oleh Tesa Utomo langsung dari BSD City khusus untuk sang papa saat pulang kerja.
"Coba papa lihat gigi ompongnya!"
Gigi taring lebih bagian atas kiri itu sudah tak terlihat disana. Gigi taring kecil yang sering membuat aku menjuluki bidadari kecil ini dengan julukan Tesa putri drakuli akhirnya pergi dari sarangnya.

Sama dengan anak-anak diseluruh dunia rentang usia 5-12 tahun, maka Tesa sedang menjalani masa menikmati goyang dan luruhnya gigi susu dan digantikan dengan gigi permanen. Nah gigi taring berlebih ini cukup mengkawatirkan. Lha kelebihan gigi kok gigi taring, sudah gitu kecil dan runcing pula. Maka episode warta berita malam itu merupakan episode warta berita yang menyenangkan dan membahagiakan. Paling tidak probabilitas Tesa untuk pasang kawat gigi saat SMP nanti berkurang.

"Papa....gigi Tesa goyang"
Untuk yang kesekian kali salah satu gigi susu Tesa sudah sampai diujung masa pengabdian. Namun sang gigi agak bandel, sudah goyang selama 4 hari dan belum mau tanggal juga. Tesa jadi risi dan sering lapor ke papa bahwa giginya goyang dan tidak mau copot.
"Pa........gigi goyang tidak mau copot" katanya sambil menunjukkan gigi seri bagian bawah.
"Coba papa lihat" kataku sambil memegang gigi tersebut dan ternyata memang sudah goyah sekali.

"Papa.....Tesa ompong" kata Tesa dengan sedikit ekspresi malu.

"Tesa sini sayang" kataku sambil menarik badan Tesa kedalam pelukanku. "Gigi Tesa yang ompong nanti akan tumbuh yang baru, seperti yang ini nih" kutunjukkan 2 gigi permanen yang telah tumbuh. "Kalau gigi Tesa ngak ompong tar gigi baru Tesa tumbuh dimana dong?" kataku sambil mencium pipinya. "Gigi lama lepas agar gigi baru datang sayang" sekali lagi aku cium dahi pujaan hati yang sudah mulai lancar bicara ini. Duduk dibelakang Tesa, mamanya duduk mendengarkan sambil tersenyum simpul mendengarkan dialog suami dan anak perempuannya.

***

Malam hari jam 7 malam lantai 3 Teraskota BSD City.
Malam ini aku dan mantan pacar sedang menjalani ritual lama nonton film di Blitz Megaplex.
"Pa, baju2 ku yang lama sudah habis nih" kata mama Tesa selepas dari pintu lift.
'Emang bajunya dikemanain"
"Kan waktu pulang ke Klaten kemarin aku bawa semua untuk diberikan ke saudara disana".
"Baguslah kalau begitu" kataku menyahut dengan muka tenang.
"Tapi pa, bajuku jadi sedikit nih!"
"Maksudmu?"
"Kan seperti diskusi papa dengan Tesa tadi, bahwa untuk menyambut yang baru kita harus mau dan berani melepas yang lama"
"Trus"
"Nah.....lihat tuh, counter Levis lagi diskon sampai 70%. Ada rok mini yang keren lho!"
Dan aku tidak mampu lagi mempertahankan muka tenangku.

BSD City
15 May 2010
Sesudah nonton Lucky Luck
EU for U

Tidak ada komentar: