21 Agustus 2011

Tennis & Membuat Cetakan Profil Kesuksesan through Visualization


Coba dijawab pertanyaan ini, apakah anda suka berolahraga? jika jawabannya "TIDAK" segeralah bertobat karena berbagai macam penyakit merajalela karena ritual olahraga absen dalam jadwal anda. Masih ngotot bilang anda merasa tubuh anda sehat tanpa olahraga? segeralah kembali kejalan yang benar karena banyak yang meninggal tanpa kabar dan sesudah dicek ternyata benar bahwa almarhum kurang olahraga dan tidak sadar pentingnya olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar!. 

Jika jawabannya "YES", merupakan modal awal yang baik. Saya harap olahraga anda Tennis dan bukan golf (karena kalau anda laki laki bisa membuat istri cemas takut anda ketemu Rani Caddy), dan bukan Ski (karena jelas mahal karena musti pergi ke eropa sono) dan juga bukan catur (kecuali sebelum main catur anda pemanasan jogging satu jam keliling lapangan).

Lalu kenapa Tennis? karena saya sebagai penulis note ini penggemar Tennis! Nothing More Nothing Less! kalau yang menulis note ini teman saya yang orang Cirebon pasti dia bilang olahraga favoritenya adalah olah mulut di Karaoke, atau kalau yang nulis teman saya yang di Yogya dia pasti bilang olahraga favoritenya adalah berkuda biar tidak di komplain sama anaknya mungkin.

Sebagai penggemar dan pemain tennis sejak masa masih muda dan ganteng ditahun 90an sampai sekarang, tentu saja saya punya pemain-pemain favorite dimasing-masing jaman. Tahun 90an jelas Pete Sampras dengan servis geledek dan Andre Agassi si Flamboyan yang jadi my idol. Generasi 2000an sampai sekarang idola saya tidak lain dan tidak bukan Roger Federer the king of tennis! pemegang record grandslam 16 trophy sepanjang masa.

Sebagai penggemar dan merangkap pemain kawakan dengan jam terbang 20 tahun saya share satu hal penting yang saya saya pelajari dari olahraga ini (eiiit saya terima dengan sedikit malu kritik anda tentang kelambatan dan keterbatasan saya yang cuma bisa mendapatkan 1 lesson learn dalam durasi sedemikian lama). Lesson learn
-nya adalah jika saya sedang ingin memenangkan pertandingan dilapangan yang saya lakukan sederhana. Saya 
menggunakan ilmu kejawen "ngrogoh sukmo" atau ilmu modernya "Visualization". Jadi sambil pemanasan saya bayangkan diri saya menjadi Roger Federer yang sedang melakukan "motion" saat melakukan serve atau saya mengayunkan raket dalam swing backhand seperti yang saya lihat dilakukan oleh Federer di TV saat Wimbledon lalu.
Hasilnya?? amazing! salah satu buktinya tadi pagi saya bisa membuat 4 ace (servis tak tertepis) 4 kali berturut-turut hanya dengan membayangkan bagaimana Federer melakukan serve.

Dalam dunia pekerjaan saya sebagai Trainer/Facilitator, saya mengidolakan Steve Jobs yang demikian memukau saat melakukan presentasi saat launching produk Apple! atau Anthony Robbins saat membawakan materi personal development. Saat membawakan workshop atau seminar saya tinggal calling memory saya untuk mendapatkan visualisasi mereka dan kemudian menggunakannya untuk kebutuhan workshop saya. Visualisasi dari idola dan mereka yang jauh lebih dahsyat performance-nya membantu saya untuk terus dan bisa bertumbuh, disiplin Neuro Linguistic Programming (NLP) menamakannya teknik Role Modelling.

"Pa, wah ....... ilmu visualisasi ini dahsyat banget dong!" tiba-tiba mama Tesa nongol disebelah saya dan memberikan komentar.
"Betul ma, dulu saat masih jadi Staff, aku sering melakukan visualisasi tentang bagaimana rasanya menjadi Supervisor yang hebat. Kemudian saat jadi Supervisor aku melakukan visualisasi bagaimana rasanya menjadi Manager yang Excellence demikian seterusnya. Dan kamu tahu sendiri kan bagaimana prestasi suamimu ini", jelas penjelasan dikalimat ini dalam mode campur baur antar reality dan hiperbola.
"Hmmmm, papa masih inget kan saat seminggu lalu kita nonton Ada Band di Teraskota?" tanya mama Tesa membuat dahiku berkerut.
"Iya, ingat ..... emang kenapa ma??", dahiku makin berkerut karena penasaran.
"Papa kalau lagi bersenandung atau menyanyi tolong visualisasikan Donnie Ada Band pa! soalnya telingaku suka gatel saat dirimu tarik vocal!".

BSD City of the Future
9 Juli 2011
Untuk penggermar Tennis & anda yang berniat sukses

Tidak ada komentar: