21 Agustus 2011

Resensi Buku: Talent Management Darmin Pella & Afifah Inayati dan The Talent Masters by Bill Conaty & Ram Charan


TALENT YANG TAK PERNAH CUKUP
Sebagai praktisi merangkap konsultan HR, masalah utama yang dihadapi oleh peresensi pada saat menjalankan peran sebagai praktisi HR sama dan sebangun dengan saat duduk diseberang meja mendengarkan keluh kesah praktisi HR yang lain! Semua orang berteriak bahwa mereka krisis kekurangan orang yang cakap dalam skala yang luar biasa! mereka pusing karena kebutuhan orang cakap sangat urgent & important karena tuntuan untuk mempertahankan bisnis yang makin kompetitif maupun untuk menangkap peluang bisnis yang banyak bermunculan disaat makro ekonomi Indonesia yang sedang pasang seperti saat ini.

Sebuah kondisi yang sangat ironis karena diluar sana berjejer jutaan orang yang menganggur dan butuh pekerjaan. Bagi mereka yang mau membuka telinga sedikit lebar pasti akan sering mendengarkan bisikan bahwa si A butuh sekian juta untuk masuk kerja di perusahaan X, si B butuh sekian puluh juta untuk daftar PNS, dan si C terjatuh pingsan di sebuah event Job Career karena musti berdesak-desakan dengan ribuan orang! Dan lebih miris lagi kalau setiap hari kita musti disuguhi oleh berita yang tak kunjung putus tentang teraniayanya pekerja informal kita dinegeri sebrang hanya untuk mendapatkan uang sejuta dua juta sebulan yang seharusnya bisa dicari dinegri sendiri dengan alasan bahwa mereka tidak kompeten dan kurang pendidikan!

Nah, bagi anda praktisi dan pemerhati dunia HR kalau hasrat untuk menjadi pembentuk policy baik di legislatif maupun di yudikatif masih terlalu jauh dijangkau tidak salah kalau kita mulai dari apa yang didepan mata. Kita bisa ikut berkontribusi terhadap bangsa dan negara ini dengan cara membantu "client" kita para karyawan untuk menjadi lebih kompeten dalam bekerja bahkan membantu mereka untuk bertumbuh menjadi pemimpin yang lebih dahsyat yang mampu untuk menumbuhkan pemimpin yang lain.

Bagaimana caranya? dua buku yang berbicara tentang Talent Management:
1. Talent Management: Darmin Ahmad Pella & Afifah Inayati
2. The Talent Masters: Bill Conaty & Ram Charan
Akan cukup membantu kita dalam memberikan jawaban tentang Why, What & How Talent harus dikembangkan dalam organisasi. Buku Talent Management yang dikarang oleh penulis lokal menurut hemat saya cukup berkualitas dibandingkan dengan buku sejenis karangan lokal lainnya yang sering kali hanya "menyerempet" di permukaan. Kedua penulis cukup baik menyajikan data, fakta dan opini bagi para pembacanya. Buku setebal hampir 454 halaman ini akan menjadi jauh lebih menarik apabila diringkas menjadi separonya. Bab-bab dibagian belakang menjadi antiklimak dari bab-bab dibagian depan.

The Talent Masters karya duo Bill Conaty yang eks HR Head GE dan mbahnya Coach Business Strategic Ram Charan merupakan sebuah buku yang wajib dibaca tidak hanya oleh HR Praktisi namun semua pemimpin dan eksekutif perusahaan yang ingin naik kelevel 5 kepemimpinan Jim Collins. Pengalaman Bill Conaty sebagai praktisi di GE dan konsultan HR kelas dunia ditambah dengan gaya bahasa Ram Charan membuat membaca buku ini ibarat membaca novel. Adagium "Smart Leaders put People Before Numbers" menjadi sangat relevan bagi para pemimpin karena para legenda macam Jack Welch, Jeff Imelt keduanya dari raksasa bisnis GE, AG Lafley dari P&G & Bob Keegan dari Goodyear menyatakan bahwa 30-40% dari waktu mereka adalah people business!

Kalau anda hendak memenangkan persaingan dan bisnis maka urusan orang haruslah menjadi urusan # 1. "It's not about bus direction but about the passangers!" demikian salah satu kesimpulan dalam riset buku Jim Colling "Good to Great".

BSD City of learning
Eko Utomo untuk mereka yang suka melihat orang lain tumbuh.
Satu buku seminggu membuat anda menjadi mampu!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sangat tertarik dengan uraian bapak..secara kebetulan saya diminta oleh salah satu institusi untuk memulai talent manajemen pada organisasi tersebut, akan tetapi dengan segala keterbatasan saya, saya ingin diskusi dengan bapak, kemana saya bisa menghubungi bapak, ini alamat email saya dayatdema@yahoo.com