18 Januari 2016

Tentang TAKUT #Hal16

Catatan Harian Eko Utomo

Tentang TAKUT #Hal16

"Jasoooooooon!!!", teriakan mamanya bergetar mengguncang udara siang.
Aku cuma bisa diam membisu. Perasaan helpless dan takut mengacaukan syaraf pikiran dan melumpuhkan otot.

Hari itu kami mampir makan siang di gudeg legendaris jalan Banda Bandung. Jason si anak 5 tahun turun dari mobil bersamaku masuk ke resto gudeg Banda. Mamanya bersama Thesa menyebrang jalan ke soes Merdeka untuk beli buah tangan.

Aku lengah sekejab, dan waktu yang singkat itu mencuri Jason dari sampingku ke pinggir jalan raya yang memisahkan resto gudeg Banda dan toko soes Merdeka.

Jam makan siang. Jalan ramai lalu lalang kendaraan. Mobil dan motor rebutan waktu untuk sampai duluan. Dan Jason berjalan tenang menyebrang, tanpa rasa takut, lebih tepat lagi TIDAK PUNYA rasa takut.

Aku terpaku 20 m dibelakang Jason, mamanya pucat pasi disebrang jalan. Teriak kerasnya sebagai reaksi melihat anak bungsunya menyeberang tanpa lihat kiri dan kanan.

***

Rasa TAKUT merupakan salah satu dari sekian banyak emosi negatif yang dimiliki oleh manusia. Ada 4 emosi negatif utama: TAKUT, SEDIH, MARAH, GUILTY. Emosi negatif yang lain merupakan gabungan dari salah dua atau lebih 4 emosi negatif utama ini.

Sejak jaman purba, ilmu kedokteran menemukan bahwa emosi negatif tidak hanya merusak pikiran tapi juga badan. Manusia yang terbelenggu emosi negatif maka mengundang 101 penyakit.

Perhatikan diri anda dan sekeliling. Mereka2 yang mudah sakit adalah mereka yang sering tenggelam dalam emosi negatif. Mereka yang dijajah ketakutan, dipenjara kesedihan, ditunggangi kemarahan dan diganduli rasa bersalah. Emosi negatif pintu terbuka bagi penyakit.

Jadi, apakah dengan demikian kita tidak butuh dan membuang emosi negatif?
Wait a minutes!
Tanpa rasa TAKUT maka kita akan seperti Jason menyeberang jalan.
Tanpa rasa SEDIH  kita tidak tahu petapa pedih kalau kita menyakiti orang lain.
Tanpa rasa MARAH orang akan membully kita tiada henti.
Tanpa rasa BERSALAH maka kita akan jadi penjahat tak punya hati.

We DO NEED negative emotions. Kita sungguh butuh emosi negatif. Yang tidak kita butuhkan adalah membiarkan emosi negatif menjadi tuan dan menguasai diri kita.

***
Jason selamat sampai ke sebrang jalan. Malaikat penjaga yang membimbingnya.

Beberapa hari berikutnya.
"Pa, kamu yang menurunkan sifat tak punya takut pada Jason", mamanya buka suara.
"Ngaklah, Jason ngak punya takut karena dia memang Anak Berkebutuhan Khusus", aku coba menjelaskan.
"Lha cerita papa tadi buktinya?", istriku menekankan.
"Maksudmu?", alisku agak terangkat.
"Papa kan barusan cerita, dulu waktu SD suka main di sungai saat banjir gede, padahal banyak orang yang tenggelam disana!", match point and game.

EU4U
BSD160116
Buat mereka tuan akan rasa takut.

Tidak ada komentar: