19 Mei 2016

Hitam Putihnya Perusahaan #Hal82


Catatan Harian Eko Utomo

Hitam Putihnya Perusahaan #Hal82

Dirut Transjakarta yang baru membuat gebrakan. Armada bus separo dipotong dan dikandangin, dengan alasan sering rusak dan tidak dapat diandalkan. Yang luarbiasa adalah, sesudah pengurangan ratusan bus, Transjakarta masih mampu meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 300 ribu/hari. Bahkan Dirut baru dengan penambahan armada bus baru yang lebih handal menargetkan akan mampu mengangkut 1 juta pelanggan sampai akhir tahun ini!.

Gebrakan yang serupa dilakukan oleh Jonan (CEO baru) sekitar 5 tahun yang lalu di KAI. Seluruh penumpang KA jarak jauh semuanya duduk. KA yang sebelumnya berjubel sampai ke WC menjadi longgar dan semua dapat tempat duduk. Yang mencengangkan bahwa pendapatan KAI bukannya turun malah jadi naik.

Kasus di Transjakarta dan di KAI sangat menarik dibahas karena memperlihatkan bagaimana besarnya pengaruh CEO terhadap "hitam putihnya" perusahaan. Prof. Hambrick & Mason, dalam riset yang mereka lalukan menyatakan bahwa kinerja perusahaan merupakan refleksi dari para bossnya (1984).

Dalam kasus sebaliknya, saya bertemu dengan perusahaan yang stagnan dan bahkan menurun kinerjanya. Setelah ditelisik dan dianalisa lebih jauh terlihat bahwa masalahnya ada pada boss baru khususnya sang CEO. Padahal saat CEO lama masih ada, perusahaan selalu berkembang dan menguntungkan.

Jadi, kalau kita bertemu dengan perusahaan HEBAT atau SEKARAT, look at the head! Lihat CEO dan BOD. Para pemimpin inilah yang menggerakkan organisasi dan memegang kendali. Merekalah yang bertanggung jawab.

Lho, buat kita yang bukan CEO dan Direktur bagaimana? apakah dengan demikian kita tidak memiliki kontribusi kepada organisasi?

Sabar, untuk para Vice President anda merupakan CEO divisi anda. Untuk para manager anda merupakan CEO departemen anda, untuk para Supervisor anda merupakan CEO seksi anda. Jadi andalah kambing hitam (atau putih) yang menentukan kinerja organisasi yang anda pimpin, pada semua level.

Trus bagaimana dengan staf? kan mereka tidak memiliki organisasi yang mereka pimpin? Ingat, staf juga merupakan CEO bagi diri sendiri. Jadi kinerja mereka tergantung pada diri mereka sendiri dan bukan pada atasan, anak buah, perusahaan atau pacar mereka.

Setuju?

EU4U
BSDCITY30416

Untuk para pemimpin

1 komentar:

Setan Diare mengatakan...

Setuju...