11 Maret 2016

BEATING MEDIOCRITY #Hal46


Catatan Harian Eko Utomo

BEATING MEDIOCRITY #Hal46

Minggu lalu saya mendapatkan kesempatan istimewa. Berkunjung ke mantan almamater: PT. Pamapersada Nusantara (Pama). Tidak tanggung2, Presdir dan Div Head Corporate Planning meluangkan waktu cukup lama untuk mendiskusikan rencana kerjasama riset pengambilan data untuk kepentingan disertasi saya.

Pama merupakan anak usaha United Tractor yang bergerak dalam bidang kontraktor pertambangan. Jadi bisa dibilang cucu Astra Internasional yang kondang.

Sejak menurunnya pertumbuhan ajaib ekonomi China ditambah dengan lubernya oil shale Amerika maka harga minyak dunia tiarap. Harga perbarel yang pada masa jaya menyentuh $ US 120 per barel beberapa tahun lalu, pada awal 2016 terjun bebas dibawah $ US 30 per barel!.

Hancurnya harga minyak dunia ikut menyeret jatuh harga batubara yang merupakan sumber energi subtitusi minyak. Batubara yang sempat menyentuh $ 100 perton terjun ke $ 30 perton.

Industri pertambangan batubara Indonesia tidak cuma tiarap bisa dibilang longsor. Derasnya dollar yang diterima pada tahun 2000an, kran uang secara mendadak mampet dan macet. Semua kebingungan bagaimana menjual batubara yang sudah dan direncanakan untuk produksi.

Hari2 ini adalah hari2 kegelapan dunia pertambangan batubara. Kalau industri pertambangan batubara tiarap, tentu saja industri pendukungnya seperti industri alat berat, bahan peledak dan tentunya industri kontraktor pertambangan juga terbawa tiarap.

Dalam kondisi yang "gelap" ini saat berbincang dengan penggede Pama saya iseng bertanya, retorik sebenarnya karena saya siap dengan jawaban normatif "kami juga tiarap mas!".

Alih2 jawaban normatif mainstream yang saya terima adalah "kami make money mas, pendapatan dan profit meningkat. Kontribusi ke profit UT bahkan makin besar saat ini". Sebuah jawaban anti mainstream yang mengejutkan saya.

Dalam kondisi industri yang hancur ada perusahaan yang berdiri kokoh bak batukarang. "Againts all odd" dengan sangat perkasa "stand out within the crowd".

Penasaran saya coba gali apa yang jadi resep Pama dalam melakukan aktivitas anti mainstrem mereka. Secara panjang lebar kami berdiskusi tentang bagaimana Pama tidak kenal waktu, lelah dan biaya membangun budaya kerja, SDM dan system yang excellence.

Bukan suatu hal yang rahasia sebenarnya, karena sejak tahun 90an para executive Astra saat menjadi pembawa seminar di luaran secara terbuka berbicara tiga kunci utama keberhasilan Astra: Winning STRATEGY, Winning SYSTEM dan Winning PEOPLE.

Salah satu contoh sistem yang advance adalah bagaimana sistem Pama bisa memantau, mengatur dan mengelola produktivitas operator di puluhan jobsite yang terserak di seluruh penjuru Nusantara.

Kinerja dan bonus para operator langsung terhubung secara real time pada saat mereka menghidupkan alat berat yang mereka pergunakan. Komposisi bonus bahkan mampu mengakomodasi kinerja individu, tim dan perusahaan.

Jauh meninggalkan sistem pengelolaan kinerja para pesaing. Di saat yang sama saya masih menemukan banyak perusahaan yang masih sangat "Komunis", sama rata sama rasa. Pinter Goblok Pendapatan Sama (PGPS). Sebuah sistem yang menumpulkan kreativitas dan mematikan semangat untuk berprestasi.

Jadi, kalau kemudian kinerja Pama mampu tumbuh dalam kondisi rata2 turun saat ini karena Pama BUKAN BAGIAN dari RATA2!. Pama merupakan bagian dari cream de la cream, bagian atas sebuah standard deviasi.

***
Makan siang itu merupakan makan siang yang biasa, pertemuan mantan atasan dan dua orang mantan bawahan yang sudah lama tidak bersua.

Mereka berdua merupakan dua orang anggota tim yang sama2 beranjak dari titik yang sama. Tumbuh bersama dalam lingkungan pembelajaran yang sarat dengan aktivitas training & coaching yang dibangun bersama2.

Yang menjadi menarik adalah orang pertama tumbuh dengan kecepatan rata2 50 km/jam, sedangkan orang kedua tumbuh jauh diatas 100 km/jam.

Orang pertama hanya baca satu buku sebulan, itupun karena saya paksa dan orang kedua baca 4 buku perbulan dengan kesadaran pribadi. Yang pertama cepat puas diri, yang kedua selalu haus untuk belajar dan mencari pengalaman.

Tujuh tahun berikutnya gaji orang kedua 3x lipat dari gaji orang pertama dengan posisi 3 tingkat diatasnya. Padahal umurnya lebih muda. Kita tidak akan heran kalau tahu rahasianya.

Apa yang menjadi rahasia?
Sederhana, TUMBUH dengan konsisten DIATAS RATA2. Waktu yang kemudian akan bekerja. Sama persis dengan keajaiban tabungan & bunga bank yang secara konsisten disimpan bertahun-tahun.

Mau STAND OUT from THE CROWD?
Buat diri anda tumbuh diatas rata2!

EU4U
BSDCITY210216

Tidak ada komentar: