12 Maret 2016

Develop Leaders: STARTING POINT #Hal50


Catatan Harian Eko Utomo

Develop Leaders: STARTING POINT #Hal50

"Mulai dari mana? Siapa yang harus saya tempa? Tidak punya anak buah!". Pertanyaan2 ini sering terlontar dari mulut mereka yang mulai tumbuh kesadaran untuk mengembangkan pemimpin. Namun tidak tahu bagaimana cara dan mulainya.

Great Leaders breed other leadears. Seperti yang saya tulis di #Hal48, pemimpin yang hebat pasti akan menghasilkan pemimpin yang lain (Collins, 2002). Kali ini saya fokus pada pemimpin sebagai subyek. Artinya mereka yang memiliki kompetensi leadership (berapapun kadarnya) yang akan mampu untuk mengembangkan pemimpin lain.

Dalam teori pengaruh, Steven Covey dalam buku Seven Habit mengajarkan untuk fokus pada "circle of influence (coi)" daripada fokus pada "circle of concern (coc)".

Mereka yang fokus pada COC akan kecewa dan menemukan jalan buntu. Perhatian mereka pada orang yang ada di TV, orang lain, anak orang lain, anak buah orang lain dan mungkin istri orang lain. Mereka yang jadi perhatiannya diluar jangkauan.

Mereka yang fokus pada COI, akan melakukan apa yang mereka BISA lakukan. Anak buah sendiri, anak sendiri, istri sendiri dan yang paling penting DIRI SENDIRI.

Konsep yang sama berlaku untuk pengembangan kepemimpinan. Mulai dari orang yang pasti bisa kita pengaruhi, DIRI SENDIRI. Kemudian ke orang sekeliling yang terdekat dengan kita.

Dari puluhan pemimpin hebat yang pernah saya temui secara pribadi, semuanya memiliki kualitas ini: self learning yang tinggi. Pendengar dan pembelajar yang baik. Dan tidak segan2 untuk bertanya ke orang lain walaupun mereka sudah menjadi CEO perusahaan besar. Moto mereka adalah: keep learning never be satisfied.

Banyak cara untuk self learning, ada ribuan buku kepemimpinan, bisa mengamati perilaku mereka2 yang diakui sebagai pemimpin hebat. Namun yang paling penting tentu adalah MEMPRAKTEKKAN teori yang dibaca dan perilaku hasil pengamatan.

Satu hal penting lain, sering2lah berbagi ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Semakin sering anda membimbing orang lain semakin terasah tajam kompetensi kepemimpinan yang anda miliki.

Selamat belajar dan berbagi.

EU4U
BSDCITY270216

Tidak ada komentar: