13 Februari 2016

"A Journey to Ph.D". #Hal40


Catatan Harian Eko Utomo

"A Journey to Ph.D". #Hal40

Pernah jadi gendut? Jangan! Selain gampang ngos2an kalau lagi main tenis, diintip oleh berbagai macam penyakit, ada sebuah kesukaran lain yang bikin sakit kepala.

Menjadi gendut membuat saya susah payah saat mencari celana. Apalagi kalau ukuran sudah mendekati batas maksimal yang tersedia.

Ban pinggang celana mungkin pas, namun ukuran panjang selangka membuat tidak enak dipandang mata.
Sering juga ukuran pipa celana tidak proporsional. Semua bermuara karena lingkar perut yang membesar tanpa bertambah tinggi badan.

Butuh eksplorasi yang luar biasa untuk dapat menemukan merk celana yang cocok dan mengerti uniknya bodi saya. Saat sudah menemukan yang pas, merk2 yang lain menjadi tidak relevan lagi.

***
5 tahun lalu, saat mencari universitas mana yang akan dilamar untuk menempuh perjalanan menjadi Doktor tidak kalah memusingkannya seperti mencari celana yang pas buat perut gendut.

Bahkan untuk beberapa kriteria hampir sesulit mencari pendamping wisuda. Semuanya berbicara satu hal: KECOCOKAN.

Sebelumnya kriteria hanya satu: "the great school with best major in the nation". Naif dan berbau kecongkakan anak kecil yang membanggakan bapak siapa yang paling hebat.

Sesuai jalannya waktu, saya sharing beberapa pertanyaan reflektif yang akan membantu "menemukan celana yang paling pas buat anda".

Sudah membaca #Hal35 ? make your objectives LOUD and CLEAR. Jangan sampai tujuan anda tidak jelas. Anda mau ke Bali, kendaraan yang dipakai Angkot, jelas anda butuh waktu berminggu2 untuk sampai. Apalagi kalau anda memilih naik sepeda.

Lain cerita kalau anda mau pergi ke Indomart disebelah rumah. Daripada mengeluarkan Mercy dari garasi, melangkahkan kaki justru lebih nyaman dan efisien.

Seberapa besar dan banyak sumberdaya yang anda miliki? waktu, learning capability, uang, tenaga yang tersedia menjadi faktor utama.

Mungkin anda bisa lolos seleksi ke universitas ternama. Namun anda tidak cukup memiliki waktu dan tenaga, sebuah pilihan yang sia-sia.

Disertasi yang baik adalah disertasi yang LULUS. Disertasi yang akan mengantarkan anda untuk diwisuda dengan tambahan title Dr. atau Ph.D di depan dan belakang nama anda.

Jadi, memilih Univ mana untuk kendaraan anda mendapatkan gelar S3 bukan karena prestise, dan kebanggaan semu. Namun yang akan melayani dan membawa anda mencapai tujuan, dengan 101 sumberdaya dan konstrain yang ada.

Selamat mengeksplorasi perjalanan doktoral anda.

EU4U
BSD090116

Tidak ada komentar: