13 Februari 2016

"Jantung Kegiatan: Action Plan". #Hal20


Catatan Harian Eko Utomo

"Jantung Kegiatan: Action Plan". #Hal20

Mengenali Anatomi adalah salah satu aspek yang menarik dari pelajaran Biologi.

Saat saya SMA medio 80an akhir, Indonesia masih penuh dengan tabu. Banyak orang tua menabukan bicara tentang sex dan seksualitas pada anak remajanya. Tabu katanya.

Tabu tegak di rumah namun tidak di sekolah. Novel Freddy S bahkan yang hardcore seperti Novel Sex picisan Enny Arrow beredar dari laci ke laci. Bahkan seringkali dibumbui majalah Playboy atau Penthouse yg didapat anak pejabat dari luar negeri.

Pelajaran Biologilah yang menyelamatkan kami para remaja berdarah panas untuk belajar anatomi dengan cara yang "baik dan benar". Bukan dari Freddy S terlebih Enny Arrow.

Dari pelajaran Biologi kami tahu bahwa Jantung (yang suka kami gambar saat sedang cinta monyet) ternyata salah satu dari organ tubuh terpenting dari manusia.

Jantung dengan ke-4 biliknya menyaring dan memompa darah keseluruh tubuh manusia. Salah pompa, salah bilik, pompa macet, saluran tersumbat fatal akibatnya. Manusia bisa koit karenanya.

Jadi kalau orang terdekat Anda bilang "kamulah pujaan jantungku", seharusnya Anda lebih bangga daripada digombalin dengan "kamulah pujaan hatiku". Jantung lebih vital dibandingkan dengan Hati.

***
Seperti yang saya tulis di #Hal19, kegiatan dan event akan berjalan kacau kalah tidak ditunjuk SESEORANG yang BERTANGGUNG JAWAB untuk MENGERJAKAN sebuah bagian pekerjaan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses diatas harus ditambah dengan KAPAN dan secara rutin diperiksa progress yang sudah dilakukan.

Dalam ilmu manajeman keseluruhan proses dinamakan ACTION PLAN. Melakukan eksekusi terhadap rencana yang sudah disetujui. Action Plan dijabarkan sebagai WHO do WHAT by WHEN. Siapa mengerjakan Apa dan KAPAN batas waktunya. Rapat rutin dipakai untuk memantau progress dari masing-masing Action Plan.

Bagi saya fungsi ACTION PLAN dalam kegiatan sepenting fungsi JANTUNG bagi manusia.

Jadi kalau anda sedang terlibat pada sebuah activitas yang sudah memiliki rencana tetapi Action Plan tidak ada, anda tinggal angkat tangan untuk mengundang "Jantung" kegiatan hadir dan memompa darah demi kehidupan acara.

Kebayangkan kalau "Jantung" tidak berfungsi pada acara Anda?

EU4U
BSD200116

Tidak ada komentar: