13 Februari 2016

"DIPAHAT LINGKUNGAN". #Hal22


Catatan Harian Eko Utomo

"DIPAHAT LINGKUNGAN". #Hal22

"Eko, kau ikut kami!", teriak salah satu kawan baruku.
"Kemana?", tanyaku pingin tahu.
"Kita cari doping dulu!", jawab salah satu anggota Gerobak (Gerombolan Batak).
"Doping?, apaan tuh", sebagai anggota Pokja (Kelompok Jawa), jelas aku bingung dengan istilah mereka.

Namun karena rasa ingin tahu maka aku ikutin aja kemana para Gerobak pergi. Kami keluar dari kampus gajah, menyusur jalan Ganesha, melewati kampus Unpad. Kampus dimana kami sering mejeng dan kemudian masuk ke warung kecil di sebrang gedung Telkom.

"Apa nih?", tanyaku penasaran. Sesosok masakan jenis baru terhidang didepanku, agak sedikit mirip dengan sambel goreng ati. Isinya daging semua dilumuri dengan semacam bumbu basah warna merah.

"Udaaah..... makan aja, namanya SAKSANG. Bagus buat kita. Jadi doping penambah tenaga", salah satu Gerobak menjawab sambil tersenyum nakal.

Sejak saat itulah pengaruh Gerobak menjerat dan mencengkeram kehidupanku sebagai anggota Pokja. Tidak hanya Saksang, makanan favorite Gerobak yang lain seperti BPK juga memerangkapku. Saksang dan BPK seakrab Gudeg dan Pecel di lidahku.

Kuliah dan beraktivitas tidak bisa lepas dari pengaruh Gerobak. Mereka menguasai 25% jurusanku. Mereka merupakan 50% komposisi teman2ku berorganisasi. Eksistensi mereka, cara berpikir, bagaimana mengambil keputusan, bagaimana bertindak jauh masuk ke alam bawah sadarku.

***
Siang ini kami mampir ke warung itu. Warung dimana 25 tahun lalu aku mengenal yang namanya Saksang. Hampir tidak berubah, termasuk inang2 yang jualan.

"Pa, jangan banyak2 makannya!", Personal Trainer (PT) merangkap security memberikan peringatan.
"Nostalgia dikit ngak papalah, kan lama banget ngak makan disini", jawabku singkat sambil meneruskan makan Saksang dan BPK.
"Ingat kolestrol! udah lupa kalau lagi diet ya", kalau PT biasa bisa bales gue marahi, namun PT yang ini merangkap istri gimana mau marahinnya.
"Ini khan makanan favorite gue ma, boleh dong", aku masih coba berargumentasi.
"Lho, papa ini gimana sih. Orang Jawa kan makanan favoritenya yang sehat2 dong kayak Pecel atau Gudangan", PT yang galak ini ngak kalah gertak.

"Siap ibu boru Tampubolon! Saksang dan BPK jadi doping yang membuat ibu jatuh cinta sama saya! Mungkin akan lain cerita kalau saya tetap makan pecel dan gudangan!". Gantian skak ster.

-You are what your friends-
Lingkungan dimana kita berada, terlebih para manusianya pasti akan mempengaruhi kita. Jadi, ingin menjadi seperti apa anda dimasa depan, perhatikan orang2 di sekeliling anda. Karena merekalah yang akan memahat masa depan anda.

EU4U
Bandung 230116

Tidak ada komentar: