13 Februari 2016

CEPAT PROMOSI #Hal34


Catatan Harian Eko Utomo

CEPAT PROMOSI #Hal34

Masih ada hubungannya dengan naik gaji. Kalau kita dapat promosi maka niscaya gaji dan fasilitas lain mengikuti. Semakin tinggi jabatan baru, maka semakin besar gaji yang diberikan. Sepadan dengan tugas tanggung jawab yang diberikan.

Mirip dengan kasus minta naik gaji, maka masih banyak terjadi salah pemikiran bahwa promosi memiliki hubungan linier dengan masa kerja.

Persis dengan yang terjadi pada PNS selama puluhan tahun. Promosi jabatan berkala. Yang rajin, yang malas, yang pintar, yang goblok semua dapat promosi dan naik gaji. Sistem PGPS: Pinter Goblok Pendapatan Sama.

Dalam dunia swasta (juga beberapa departemen pemerintahan) sudah diterapkan sistem "lelang jabatan". Semua peminat harus bersaing untuk bisa naik jabatan. Hanya mereka yang kompeten dan terbukti berkontribusi yang akan memenangkan persaingan.

Bagaimana caranya kita agar kompetitif dalam menggapai promosi? Saya berikan anda rumus sederhana. Rumus 70:30.

Rumus 70:30 menyatakan bahwa dalam keseharian kita harus mengerjakan 70% pekerjaan kita sendiri dan 30% mengerjakan pekerjaan atasan (posisi diatas kita). Hal ini dilakukan setiap jenjang dan setiap waktu.

Bagaimana kalau saat ini anda bahkan masih sibuk mengerjakan pekerjaan anak buah? Perusahaan seharusnya menggaji anda lebih murah. Anda harus mengembangkan anak buah anda agar mampu dan mandiri mengerjakan pekerjaan mereka sendiri.

Ditahap lebih lanjut, anda harus mengembangkan anak buah untuk mampu mengerjakan 30% pekerjaan anda sehingga anda punya waktu yang terluang untuk mengerjakan 30% pekerjaan atasan anda.

Apa hubungan konsep ini dengan promosi? Hubungannya sederhana, apabila ada LOWONGAN PROMOSI maka anda adalah orang yang paling siap. Anda sudah TERLATIH dan TERBIASA mengerjakan pekerjaan itu sebelumnya.

Promosi sama definisinya dengan Luck. LUCK = OPPORTUNITY meet with PREPARATION. Setali tiga uang dengan promosi.

Mau mencoba?

EU4U
BSD03022016

Tidak ada komentar: