13 Februari 2016

MENYALAKAN MIMPI #Hal32

Catatan Harian Eko Utomo
MENYALAKAN MIMPI #Hal32

What Every Leaders Should Do

Tahu perahu mainan Klotok? Perahu mainan yang dibuat dengan menggunakan seng kalau berbunyi suaranya "tok tok tok tok".

Perahu mainan ini jadi salah satu mainan favorit yang ditemukan disetiap pasar malam tahun 80an. Semua anak laki2 jaman itu tidak asing dengan mainan ini.

Perahu Klotok digerakkan oleh panas yang dihasilkan oleh sumbu api yang ditaruh didalamnya. Sumbu api menggunakan minyak tanah sebagai sumber energi.

Tanpa sumbu api, perahu tidak akan berjalan. Tanpa sumbu api, bunyi "tok tok tok tok" yang menggairahkan semua anak laki tidak akan berbunyi.

***
Dalam berbagai kesempatan, saya sering diminta sebuah perusahaan membawakan materi tentang Visi & Misi atau Road Map perusahaan. Isinya tentang MAU KEMANA dan SEPERTI APA perusahaan dimasa depan. Training bicara panjang lebar tentang target perusahaan dan bagaimana mencapainya.

Ada sebuah pertanyaan yang sering saya lontarkan kepada para peserta "Siapa yang memiliki visi pribadi di masa depan? 5 atau 10 tahun yang akan datang". Ajaibnya, bertahun2 dalam puluhan kesempatan hanya kurang dari 10% peserta yang mengangkat tangan.

Yang menjadi paradox adalah kata2 yang tercantum dalam spanduk, ppt maupun yel2 yang diteriakkan. "Penjualan tumbuh 300% ditahun ini; Aset meningkat 5x lipat dalam 5 tahun; Ebitda menjadi 50% tahun 2018".

Visi besar perusahaan digantung dilangit sementara hanya 10% karyawan yang punya dan berani memiliki mimpi.

Perusahaan itu apa dan siapa? Perusahaan kumpulan orang2 dalam sebuah sistem untuk mencapai tujuan bersama.

Perusahaan = kumpulan orang2 (karyawan). Bagaimana ceritanya, karyawan yang bahkan visi pribadi saja tidak punya harus MENDUKUNG visi besar perusahaan? Pengalaman memiliki dan mengejar visi pribadi tidak pernah terjadi trus diwajibkan dalam KPI untuk mencapai visi organisasi.

Sebuah konsep yang absurd. Persis kayak anak kecil mengharapkan Kapal Klotoknya berjalan dan berbunyi "tok tok tok" tanpa menyalakan sumbu api didalamnya.

So, para pemimpin, apakah anda sudah menyalakan api mimpi dalam diri anggota tim? Ingat, setiap visi butuh energi.

EU4U
BSD020216

Tidak ada komentar: