18 Januari 2016

"Tidak Mudah" Mempermudah! #Hal10

Catatan Harian Eko Utomo
"Tidak Mudah" Mempermudah! #Hal10

"SULIT pak mencapai target ini", jawab salah satu satu senior sales.
"Sulit KARENA pesaing memiliki produk dengan kualitas yang baik, mobil operasional disediakan dan harga produk mereka lebih murah dibandingkan dengan kita", lanjutnya memberi ALASAN.

"Memang TIDAK MUDAH untuk mencapai target ini pak", senior sales yang lain menjawab.
"Untuk mencapainya kita HARUS rajin melakukan kanvasing serta memberikan solusi yang terbaik buat calon pelanggan", jelasnya.

Saya yakin bahwa dua dialog kecil diatas sering terjadi di ruang kerja dan juga di ruang Keluarga.

Anak2 kita pada saat diminta melakukan pekerjaan atau belajar hal tertentu yang menantang dan mengeksploitasi kemampuan pada level tinggi, maka jawaban mereka terbagi menjadi 2 kelompok: 1) Kelompok pertama yang menjawab SULIT dan 2) Kelompok kedua yang menjawab TIDAK MUDAH.

Mari kita lihat dan telusuri data dan fakta riil dua orang sales di atas. Data menunjukkan bahwa sales ke-2 yang terbiasa menjawab TIDAK MUDAH memiliki kinerja 3x lipat dari kinerja sales ke-2 yang selalu menjawab SULIT!

Fakta lain yang ditemukan, sales ke-2 lebih aktif dalam mencari jalan keluar masalah yang dihadapi dibandingkan sales ke-1. Sales ke-2 juga lebih mau menerima masukan dan arahan dari atasan dan pihak yang lain.

Sebaliknya dengan sales ke-2. Setiap masukan yang datang hanyalah bahan bakar untuk membuat dia lebih bersemangat lagi untuk mencari hal hal SULIT LAIN yang akan menghambat pencapaian target. Setiap kegagalan langkah menjadi pembenaran betapa sulitnya target dicapai.

Ilmu NLP (Neuro Linguistic Programming) menyatakan bahwa pikiran bawah sadar (Uncobscious Mind) memiliki perilaku dan sifat yang berbeda dibandingkan dengan perilaku pikiran sadar (Conscious Mind).

Pikiran bawah sadar TIDAK MEMPROSES bahasa atau ucapan NEGATIF. Pada kalimat TIDAK MUDAH, yang diproses adalah MUDAH. Kata "tidak" dieliminasi.

"Jangan bayangkan Gajah berwarna merah!". Maka disaat anda membaca tulisan ini maka yang terbayang (walau selintas) dalam pikiran anda adalah Gajah berwarna merah!.

Menurut penelitian para ahli, pikiran bawah sadar lebih dari 90% menjadi motor penggerak aktivitas kita. Kualitas motor penggerak ini tergantung dari asupan energi kata dan sugesti yang kita masukkan diruang bakarnya.

Apakah kita memasukkan bensin beroktan rendah dengan kalimat2: SULIT, PAYAH, JELEK atau sebaliknya memasukkan bensin oktan tinggi seperti: TIDAK MUDAH, SEDIKIT BURUK, KURANG BAIK, terserah pada pilihan anda. Karena anda yang akan menerima akibatnya.

Btw, kalau anda sesudah membaca catatan ini dan menemukan anak anda ternyata sering menggunakan kata dan kalimat SULIT dkk., segeralah mencari cermin. Pikiran dan perilaku anak merupakan cermin orang tuanya.

Eiiiit, jangan sampai belah cermin ya!

Have a nice and happy Sunday.
Salam hangat jabat erat.

EU4U
BSD 100116

Tidak ada komentar: